Minggu, 21 Juni 2009

Mid-2009

Baru nyadar udah melewati 6 bulan pertama di tahun 2009..
Saatnya review and evaluate what I've done within this 6 months..

Oia..sebelumnya saya pernah menulis untuk menyambut tahun 2009 ini
1. End of year 2008 part 1-foreword from me and part 2-resolution (Arsip Bulan Desember)
2. End of year 2008-finished (Arsip Bulan Januari)

Baiklah..
Tahun ini saya mengusung tema kehidupan " TRUST YOURSELF"

Lhoo kenapa mesti TRUST YOURSELF ga SELF-CONFIDENCE aja??

Hm.. Q pikir.. TRUST YOURSELF lebih spesifik dan enak aja disebut-sebut!
HEHE..

So..
Begini..

Mempercayai diri kita sebagai MAHLUK SENTRAL..
Di mana semua keputusan ada di diri kita dengan tetap mempertimbangkan keadaan luar dan kompetensi diri menjadi hal yang SANGAT KRUSIAL bagi saya di tahun ini..

Saya merasakan, menyaksikan, dan mengalami.. Bagaimana orang-orang di sekitar saya begitu terguncang dengan diri sendiri.. Dalam hal ini.. Mereka ragu akan dirinya sendiri karena pengaruh peer group (baca : genk, lingkungan)... TERUTAMA dalam mengambil keputusan.. Saya kadang geram dengan keputusan labil beberapa orang di sekitar saya yang menyebabkan urusan menjadi terlambat.. Tapi ya sudahlah! Dan ketika ini terjadi, andalkan saja peran kita sebagai MAHLUK SENTRAL..

Di sisi lain..
Kita kadang terkecoh dengan nilai-nilai bahwa MANUSIA adalah MAHLUK SOSIAL..
Di mana ada kebutuhan terhadap orang-orang di sekitar kita..

so, dalam hal ini MAHLUK SENTRAL vs MAHLUK SOSIAL??
Baiklah...

Saya hanya bisa menyarankan bahwa untuk urusan-urusan superficial (atau yang bersifat permukaan, tidak mendalam) kita tetap mengandalkan peran sebagai MAHLUK SOSIAL dan ketika kita terlibat dalam urusan-urusan profunda (bersifat mendalam) andalkanlah peran manusia sebagai MAHLUK SENTRAL di mana hanya kita dan Tuhan yang tahu..

Saya merasakan keuntungan ketika untuk urusan yang bersifat profunda mengandalkan peran sebagai MAHLUK SENTRAL.. Walaupun ada beberapa orang yang tahu, berarti orang-orang yang bersangkutan adalah orang-orang TERPILIH, hahaha.. kesannya seperti milih-milih teman ya? Tapi enggak kok!! Ini hanya untuk urusan profunda.. Lebih sedikit yang tahu tentang profunda saya... itu lebih baik!! Ga baik juga mengumbar ke orang-orang dalam bentuk apapun, misal curhat berlebihan, update status perasaan di beberapa situs jaringan sosial.. yang menurut saya ga penting untuk secara frontal dipertunjukkan ke orang-orang... Lagipula kalo mengandalkan sebagai MAHLUK SENTRAL, apapun yang terjadi kita lebih mudah adaptif dan survive.. TRUST ME!


Selain itu,
Filosofi RODA yang diidentikan dengan RODA BERPUTAR.. Hidup kadang di bawah, kadang di atas.. tampaknya perlu dipahami kembali...

Cobalah ubah mind set kita dengan :

Filosofi KOTAK dimana kita tidak akan mudah terguncang... KOTAK tidak mudah berputar sperti roda.. Kalaupun ingin digulingkan ya perlu didorong sangat kuat... Kalaupun bisa, hanya bisa digeser.. Namun bentuk tidak berubah kan.. ?Perlu goncangan yang lebih keras untuk meruntuhkannya..
Setidaknya dengan filosofi KOTAK.. Kita akan lebih prepare dalam menghadapi masalah.. Karena sudut-sudutnya yang tajam yang tidak mudah dibalikkan begitu saja.. Coba kalo RODA? Dengan sudut yang tak terhingga, begitu mudah untuk berubah arah..

Jadi, silakan ambil kesimpulan sendiri!
Saya adalah orang yang sangat respek terhadap berbagai pilihan hidup setiap orang..

OK..
SELAMAT MENEMPUH PERTENGAHAN TAHUN..
SAMPAI JUMPA DI AKHIR TAHUN 2009
(^_^)

**Sungguh topik yang sangat serius, hehe...

Regards,
R.H.N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar